-->
 Cara membuat Video Animasi Pembelajaran dengan menggunakan Animaker

Cara membuat Video Animasi Pembelajaran dengan menggunakan Animaker

Cara membuat Video Animasi Pembelajaran dengan menggunakan Animaker

Membuat Media pembelajaran yang sangat membantu kita dalam Proses belajar mengajar.

Disini kita akan membahas cara Sign Up (Mendaftar) dan menggunakan Aplikasi Animaker.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Siapkan Laptop yang terhubung dengan internet
  2. Buka google menggunakan aplikasi web, karena disini saya terbiasa pakai chrome, maka toturialnya menggunakan aplikasi google chrome.
  3. Ketik "Animaker" di penelusuran google, maka akan muncul seperti ini


  4. Pilih Animaker seperti yang dalam kotak merah
  5. Maka akan muncul tampilan seperti di atas, lalu klik Sign Up seperti pada gambar yang di lingkari merah.

  6. Kemudian tampilan akan berubah seperti ini, di sini kita sebenarnya bisa Sign Up (mendaftar) dengan 3 cara:  Pertama dengan E-mail, caranya dengan memasukkan User Name yang kita inginkan dan E-mail Address yang masih aktif, kemudian Password. Dan jangan lupa centang pada "I agree to all terms of service and privacy policy". terakhir Sign Up. Langkah berikutnya buka E-mail kita tadi, cari E-mail yang dikirim oleh Animaker. Lalu klik Link (tautan) yang diberikan, maka kita sudah terdaftar. Kedua dengan klik google, kita bisa dengan hanya mengklik google dan langsung terdaftar dengan catatan chrome kita sudah diaktifkan akun googlenya. Ketiga dengan Facebook, sama seperti google. kalau kita sudah pernah buka akun facebook di chrome dan password kita set auto-save. maka akan langsung terdaftar lewat akun facebook.
  7. Karena disini saya memakai akun google, tinggal klik google maka sudah masuk ke Animaker. Kalau pertama kali masuk biasanya ada pilihan untuk bisnis, sekolah dan lainnya. tinggal kita pilih sesuai keperluan kita. Kalau memilih sekolah bisa kita pilih sebagai guru. Kemudian Cari "Dashboard" sampai muncul tampilan seperti di atas. Disini kita sudah bisa memulai membuat video dengan klik "Create".

  8. Setelah klik "Create"maka akan muncul "Create a video"dan akan muncul lagi pilihan "Blank Page"dan "Templete". Untuk pembelajaran kita pilih "Blank page"dulu.
  9. Akan langsung muncul menu awal seperti ini, dan langsung terbuka pada menu "Characters" seperti pada lingkaran merah. Disini kita bisa memilih berbagai macam karakter sesuai dengan keinginan kita.

  10. Setelah kita menetukan karakter yang di inginkan, tinggal drag (klik tahan kemudian geser) karakter ke bagian templete.
  11. Pada bagian samping ada menu Action (gerakan) dan juga Expression (akspresi) yang bisa kita pilih seperti gerakan tangan atau ekspresi menangis dan masih banyak yang lainnya.
  12. Ada beberapa menu disamping karakter dimana kita bisa gunakan. Gambar orang berjalan itu untuk memunculkan Action dan Expression karakter lainnya. Gambar orang berjalan + itu untuk membuat karakter bergeser kesamping atau sesuai arahan kita, cuma geser bukan karakternya bergerak. Gambar microphone adalah untuk menyisipkan suara kita baik direkam secara langsung atau mengambil file yang sudah ada. Gambar huruf S putus-putus, itu untuk menggeser karakter sesuai pola yang sudah ada baik melingkar dan sebagainya. Gambar Tempat cat itu untuk mengubah warna baju maupun kulit, rambut, mata, alis, jenggot karakter. Gambar kotak dan bulat itu memunculnya jenis karakter disebelah kirinya. Gambar kotak hitam putih adalah untuk membalik karakter arah kiri-kanan, atau membalik atas-bawah. Untuk lambang Pengaturan itu adalah untuk membuat karakter terlihat transparan dan juga ada pengaturan agar karakter berputar seperti jarum jam atau sebaliknya serta untuk efek mengecil lalu menghilang, dan yang terakhir itu untuk menghapus karakter.
  13. Kalau sudah selesai dengan pengaturan karakter, kita kembali ke menu sebelah kiri. Dimana di bawah menu karakter ada menu "Shapes"atau bentuk yang dilambangkan gelas teh. Disana kita menyisipkan bentuk-bentuk sesuai keinginan kita.
  14. Pada Shape ini juga ada pengaturan sebagainya pada karakter, dan fungsinya kurang lebih sama sesuai dengan gambar atau lambangnya.
  15. Seterusnya dibawah Shapes ada Teks yang dilambangkan huruf T. Disini kita mengatur gaya, ukuran, jenis fonts dan juga besarnya huruf.
  16. Setelah Menu teks dibawahnya ada menu Background atau latar belakang, tinggal kita pilih sesuai selera, namun tidak semua bisa digunakan tergantung versi Animaker yang kita gunakan apakah gratis atau berbayar.
  17. Setelah Background ada menu Image (gambar).  Kita bisa sesuaikan, baik gambar yang ada pada menu atau gambar yang kita simpan di komputer. disini saya menggunakan gambar Televisi.
  18. Setelah Image ada menu Videos, kita juga bisa memilih video yang ada dimenu atau yang tersimpan dikomputer kita.
  19. Di bawah Videos ada menu Music, untuk menyisipkan musik yang tersedia atau musik yang tersimpan di komputer.
  20. Seterusnya Search Effects, ini adalah berbagai animasi seperti balon yang bisa bergerak-gerak dan yang lainnya. Namun untuk versi gratisan banyak yang tidak bisa diklik.
  21. Setelah semua sudah selesai, kita bisa melihat hasil keseluruhan dengan klik lambang "Play"seperti pada lingkaran merah. dan disampingnya adalah untuk melihat hasil Per Scene/ per Slide.
  22. Kalau semua dirasa sudah pas, tinggal kita jadikan video dengan mengklik "Publish" kemudian pilih "Download Video".
  23. Akan muncul pengaturan seperti ini, Disana ada Nama Video, jenis video, Ukuran video baik HD, Full HD atau Utra HD, hanya saja itu untuk versi berbayar. Kalau kita menggunakan gratisan cukup beri nama kemudian klik download.
  24. Maka video akan diproses, kita tunggu sampai selesai. Lamanya proses rendering tergantung pada durasi dan kompleksitas video kita.
  25. Video sudah selesai diproses, Tapi ingat video belum tersimpan di komputer kita, hanya tersimpan pada akun Cloud Animaker. Untuk menyimpannya klik lagi Download seperti pada lingkaran merah.
  26. Kalau sudah klik download, akan muncul menu simpan seperti ini, tinggal beri nama file nya lalu simpan ke folder yang diinginkan.
Demikian sedikit bahasan tentang dasar-dasar membuat video animasi menggunakan Animaker, Semoga bermanfaat.
This Is The Newest Post
Buka Komentar

Tidak ada komentar