cara memperbaiki baterai hp oppo yang mati

cara memperbaiki baterai hp oppo yang mati

cara memperbaiki baterai hp oppo yang mati

Bila anda mempunyai HP Oppo, menemui kasus ketika dinyalakan, HP nyala muncul logo Oppo tapi tiba-tiba mati. Dinyalakan mati lagi, dan terus saja berulang-ulang. Memang ada beberapa kemungkinan yang terjadi, seperti bootloop dan lain sebagainya. Tapi ternyata bisa juga karena baterainya yang rusak. 
Kalau anda tipe orang yang males report atau mau praktis, tinggal beli baterai baru pasang lagi beres. Lagian baterai baru sekarang banyak beredar, bahkan dari harga standar sampai harga yang sangat murah.
Pengalaman meakai Samsung M31 selama sebulan
Tapi bila anda orang yang hobi bongkar barang elektronik atau anda adalah tukang servis HP, dan masih sayang dengan baterai originalnya dan ingin mempertahankannya. Dengan catatan bahwa baterai HP kita memang belum berumur lama tapi sudah drop. Tenang, jangan kawatir sebenarnya itu adalah hal sepele namun pengerjaannya harus hati-hati.
Pada setiap baterai pasti ada bagian IC pada kepala baterainya, disana ada rangkaian pengatur arus dan penstabil arus baterai. Hal itu bertujuan agar arus yang masuk ke HP stabil dan sesuai kebutuhan kinerja prosessor HP tersebut.
Kompunen kecil dalam baterai itu ada yang namanya “fuse” atau yang kita sebut dengan sekring yang fungsinya sebagai protektor untuk mecegah lompatan arus yang tinggi. Fuse tadi akan putus/lemah ketika terjadi lompatan arus tinggi, sehingga gagal menghidupkan HP atau membuat HP selalu restart.
cara meringankan kopling mobil avanza
Untuk memperbaikinya kita harus mempersiapkan:
  1. Keberanian…he he
  2. Obeng HP dan alat-alat untuk membongkatnya
  3. Solder dengan ujung mata yang kecil plus timahnya
  4. Kabel serabut tembaga yang kecil

Pertama bongkar HP lalu copot baterainya, kemudian buka pembungkus atas baterai yang menutupi papan sirkuitnya. Biasanya Cuma ditutup pakai plester. Kemudian buka perlahan dan lihat-lihat dimana letak sekringnya.

Pada gambar diatas yang dilingkari hijau adalah sekringnya, kalau anda punya cadangan/copotan sekring dibaterai lain, bisa di copot. Namun pekerjaannya harus hati-hati dan resiko gagal sangat besar, karena bisa merusak papan sirkuitnya. 
Cara mudahnya adalah jumper kedua ujung kaki sekring dengan kabel tembaga serabut dengan cara disolder. 
Cara membersihkan AC ruangan
Setelah selesai rapikan, jangan sampai kabel menyentuh bagian lain yang menyebkan arus pendek. kalau sudah dirasa aman kembalikan plester/isolasinya dan rakit kembali HPnya.
Selamat mencoba, resiko diluar tanggung jawab kami ya......     



Teknology dan Gadget, 
Buka Komentar

No comments