cara meringankan kopling mobil avanza

cara meringankan kopling mobil avanza

cara meringankan kopling mobil avanza

Mempunyai mobil manual tentu tidak seperti mobil matic, dimana kaki kita harus aktif keduanya. Dan tentu akan sangat melelahkan apabila kopling terasa berat, apalagi waktu bermacet ria. Itulah salah satu kekurangan mobil manual. Namun pada kenyataannya, populasi mobil manual masih diminati oleh masyarakat kita. Hal itu disebabkan karena merawat mobil manual lebih mudah bagi orang awam, apalagi masyarakat pedesaan.
Disini saya akan memberikan informasi, bagaimana agar mobil manual kita terasa empuk koplingnya.
Penyebab error H3 pada AC Sharp
Kebetulan mobil saya Avanza G 2010, jadi saya akan memberikan info untuk meringankan kopling avanza.
Pertama adalah kita harus membeli per pedal kopling yang lebih kecil kawatnya. Per ini bisa dibeli ditoko sparepart atau online. Karena saya jauh dari kota besar, terpaksa saya beli online seharga Rp.100 ribu.
Seperti photo di atas, itu adalah per pedal kopling aftermarket, yang mana kawat lebih kecil dari pada bawaan aslinya. Bisa di lihat perbandingan pada photo berikutnya.
Bisa dilihat perbandingan per yang ori dan aftermarket (variasi), tentu hal itu akan berpengaruh pada tingkat kekerasan injakan kopling.
Cara membersihkan AC ruangan
Untuk memasangnya sangat mudah kita hanya perlu obeng dan kunci pas ukuran 12 dan 14.
Pertama buka dashboard bagian bawah.

Disana ada 2 buah pin dilingkari warna merah dan 2 buah baut dilingkari warna biru. Lepas semua baut dan pin, maka dashboard sudah bisa dilepas.

Gunakan kunci 12 untuk melepas baut, bila baut geser bisa dibantu dengan kunci 14 pada baut sebelah kanan. Lihat Gambar yang dilingkari di bawah ini.

Setelah baut terlepas, maka pedal kopling bisa kita ambil.
ciri-ciri kaki mobil bermasalah

Kemudian pasang per yang baru.


Setelah itu pasang kembali pedal kopling seperti semula. Rasakan bedanya.
Walaupun tidak senyaman mobil matic, setidaknya bisa meringankan beban yang ditanggung kaki kiri. Karena di kawatirkan kaki kiri lebih berotot dari pada kaki kanan, kalau kopling terlalu keras.....he....
Otomotif
Buka Komentar

No comments