Kelebihan toyota starlet 1.3 SE

Kelebihan toyota starlet 1.3 SE

Kelebihan toyota starlet 1.3 SE

Toyota Starlet kapsul adalah generasi keempat dari toyota staler ini pernah di jula di Indonesia dari tahun 1990 hingga 1997. Mobil ini merupakan kompak hatcback dari toyota sebelum toyota Yaris ada. Ketika dipasarkan di Indonesia mobil ini memiliki 3 tipe yaitu tipe XL yang terenadah kemudian SE dan SE.G varian tertinggi. Selama di jual di Indonesia mobil ini mengalami 3 kali facelift, yaitu pada tahun 92, 94 dan 96. Ketiga tipe toyota starlet itu mempunyai perbedaan pada fitur dan mesinnya.Tipe XL bermesin 1000 cc, sedang SE dan SE.G bermesin 1300 cc. Tipe SE.G sudah dilengkapi dengan fitur power windows dan power steering, sedang tipe XL dan SE belum dilengkapi fitur tersebut. 
Mobil toyota Starlet tipe SE sangat kompak dan mungil, serta lekukan bodi yang melengkung sehingga disebut Toyota Stalet kapsul. Dan desainnya masih enak dipandang untuk saat ini, oleh karena itu harga mobil ini masih tinggi di pasaran. 
Dengan mesin tipe 2E kapasitas 1300 cc, SOHC karburator dengan tenaga 70 hp dengan torsi 102 nm. Namun karena dimensi yang kecil dan bobot yang ringan sehingga tenaganya cukup enak.
Untuk tipe SE masih menggunakan velg kaleng dengan ukuran 13 inci dengan ban 165/80. Rem depan menggunakan cakram sedang belakang masing menggunakan tromol. Spion sudah menggunakan elektrik mirror dan sudah ada wifer belakang.
Untuk bagasinya lumayan sempit karena bodi yang kecil, tapi sandaran jok baris belakang bisa dilipat sehingga bisa menambah luas bagasi kalau kita sedang membawa banyak barang.
Duduk didalam ruang kemudi terasa rendah namun pandangan terasa luas karena posisi dashboardnya rendah. Semua bisa terlihat atau bisa dikatakan minim blind spot. Disamping itu karena bodi yang kompak masa akan terasa mudah untuk selap-selip di perkotaan. 
Ketika mesin dinyalakan memang terasa sedikit getaran mesin didalam kabin dan juga suara mesin masuk kedalam, tapi tergolong wajar mengingat usia mobil yang sudah tua. Steer sedikit berat karena belum power steering tapi masih tergolong ringan kalau sudah jalan. Respon steer cukup akurat dan responsif.
Suspensi cukup empuk, bahkan lebih empuk dari toyota Twincam. Bodi rolling sangat rendah, wajar karena bodinya kecil. Itu membuat mobil toyota starlet asyik dikendarai.
Tuas transmisi cukup presisi, enak untuk pindah-pindah gigi. Rasio gigi panjang tapi tenaga mesin mengisi dari putaran bawah hingga menengah. Rem pakem dan kompling enteng karena sudah memakai hidrolik. Sehingga tidak terlalu capek untuk macet-macetan.
Untuk konsumsi bensin lumayan irit sekitar 1 : 14 untuk rute kombinasi.
Kesimpulannya dengan harga toyota starlet SE ini dikisaran 40 – 50 jutaan, dan dengan pajak sekitar 800 ribuan. Perawatan gampang dan murah. Mobil ini masih cocok untuk dipakai harian.

Otomotif

Buka Komentar

No comments