soal pedagogik guru sd dan jawabannya 1

soal pedagogik guru sd dan jawabannya 1

soal pedagogik guru sd dan jawabannya 1

1. Kemampuan proses berfpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terikat dengan obyek-obyek bersifat kongkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia . . . .
a. 0 – 2 tahun
b. 2 – 7 tahun
c. 7 – 11/12 tahun
d. 11/12 – 14/15 tahun
Jawab C
2. Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan, riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia . . . .
a. 3 – 5 tahun
b. 6 – 8 tahun
c. 10 – 12 tahun
d. 15 – 18 tahun
Jawab C
3. Menggunakan роtоngаn ѕарu lіdі, kеlеrеng glоbе, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS ѕеbаgаі mеdіа реmbеlаjаrаn аdаlаh ѕеѕuаі dеngаn tаhараn реrkеmbаngаn bеrfіkіr аnаk yang dіkеnаl sebagai tahapan . . . .
a. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkungannya (sensorimotor)
b. Dominasi pengamatan bersifat egosentris (preoperational)
c. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terikat dengan obyek bersifat kongkrit (operasional kongkrit)
d. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat kongkrit (operasonal formal)
Jawab A
4. Individu memandang apa diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa, serta setia mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu hal yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral . . . .
a. Prekonvensional
b. Konvensional
c. Postkonvensional
d. Interkonvensional
Jawab B
5. Pandangan dan paham ke-Tuhan-an diterangkan secara rasional berdasarkan kaidah-kaidah logika yang bersumber pada tanda alam semesta sebagai pengejawantahan (manifestasi) dari keberadaan dan keagungan-Nya. Pernyataan ini merupakan tahapan perkembangan modal keagamaan anak masa . . . .
a. Kanak-kanak
b. Anak sekolah
c. Remaja
d. Masa remaja akhir
Jawab A
6. Mаѕа аnаk bеruѕіа 13-16 tаhun (rеmаjа аwаl) mencapai tаhар реrkеmbаngаn ѕоѕіаl dеngаn kеѕаdаrаn hubungаn аku-еngkаu atau hubungаn subyektif-obyektif. Perkembangan dаlаm tаhараn іnі berlangsung ѕесаrа . . . .
a. Subyektif
b. Subyektif menuju obyektif
c. Pra puber
d. Obyektif
Jawab B
7. Siswa yang berusaha melatih kepekaan dirinya terhadap rangsangan-rangsangan berupa tekanan-tekanan dan tuntutan-tuntutan dari lingkungannya, belajar bergaul dan bertingkah laku seperti orang lain, serta bertingkah laku didalam lingkungan sosio-kulturalnya dikenal sebagai . . . .
a. Akulturasi
b. Akomodasi
c. Asimilasi
d. Sosialisasi
Jawab C
8. Saat menyadari ada perbedaan sifat, watak, temperamen, dan pengalaman antara dirinya dengan orang lain, mulai dialami oleh anak usia . . . .
a. 1 – 2 tahun
b. 2 – 4 tahun
c. 5 – 7 tahun
d. 8 – 12 tahun
Jawab D
9. Siswa-siswa yang peramah, penakut, teliti, meampu mengambil kesimpulan, jujur atau pendendam merupakan karakteristik dari . . . .
a. Sikap
b. Kepribadian
c. Temperamen
d. Sifat
Jawab B
10. Jika kita menemukan siswa-siswa yang sejak kelas 1 hingga kelas 3 SD bersikap penurut saja atau selalu menguasai teman-temannya, maka sifat-sifat demikian cenderung mereka tunjukan hingga taraf kedewasaan. Deskripsi ini merupakan gambaran dari kepribadian . . . .
a. Percaya lawan tidak percaya
b. Otonomi lawan peragu/pemalu
c. Rendah diri lawan inendominasi
d. Inisiatif lawan merasa bersalah
Jawab C
SOAL BERIKUTNYA
Pendidikan, 
Buka Komentar

No comments