PROSEDUR PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA SYNONYM

PROSEDUR PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA SYNONYM

PROSEDUR PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA SYNONYM


PEMBAHASAN
PROSEDUR PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA


A. Alat dan Bahan
     1. Alat           :    Laptop, Printer (tinta hitam dan tinta warna).
     2. Bahan         :  Karton berbagai warna, kertas cover, lem,spidol, double tip, pembatas kertas (page marker), penggaris,  pensil,penghapus dan gunting
B.   Cara Pembuatan
  1. Siapkan Karton, kemudian buatlah teks judul SYNONYM  dengan cara ditulis pakai spidol (Marker) atau bisa juga dicetak hurupnya dikomputer. Sisanya biarkan karton putih polos, karena nanti kartu Synonym nya yang memakai karton warna-warni. Kalau hurup sudah ditulis atau dicetak  tinggal potong sesuai hurup, kemudian tempel dikertas karton.
  2. Tulis atau cetak kata-kata Synonym sesuai jumlah kata yang kita inginkan. Kemudian potong semua hurup Synonym, lalu tempelkan dikarton warna-warni sesuai selera. 
  3. Setelah ditempelkan, potong lagi karton warna-warni tadi sesuai kata Synonym dengan melebihkan ujungnya, sehingga terlihat warna yang berbeda. Kemudian tempelkan pada pembatas kertas (page marker) berwarna-warni. Jadi, yang menempel dikertas karton nanti adalah pembatas kertasnya. Sehingga mudah dilepas atau dipasang lagi.
  4. Kartu Synonym (Persamaan Kata) telah siap digunakan untuk media pembelajaran.
  5. Kata telah siap digunakan untuk media pembelajaran.



C.  Penggunaan Alat
Alat ini sangatlah membantu pada saat mengajarkan materi Reading Story di kelas IX (sembilan). Dengan bantuan alat peraga sederhana ini siswa diharapkan dapat lebih mudah memahami kosakata Bahasa Inggris dengan menyenangkan. Cara menggunakan alat ini sangatlah mudah, yaitu sebagai berikut :
a. Siapkan alat peraga berupa karton media tempel kata Synonym
b. Masing-masing siswa mencari persamaan dari suatu kata (Synonym) bahasa inggris.
c. Masing-masing siswa diminta meletakkan  Synonym  yang benar dengan cara menempelkan                kata yang sesuai dengan Synonym nya.



PENUTUP

Penulis merasa bersyukur kepada Tuhan yang maha kuasa, karena dapat menyelesaikan laporan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) unsur Karya Inovatif berupa pembuatan  Alat Peraga Kartu Synonym (persamaan kata). Semoga karya inovatif ini bermanfaat dan dapat membantun dalam kelancaran proses pembelajaran dan dapat menginspirasi rekan-rekan guru yang lain agar lebih kreatif dalam memajukan mutu pendidikan. 
Penulis penyadari masih banyak kekurangan dalam membuat Alat Peraga ini, jadi masukan serta saran yang bersifat membangun sangat diharapkan. Sehingga nantinya bisa lebih sempurna. Dan apabila dalam penyajian laporan ini terdapat terdapat kekurangan, penulis mohon masukan, kritik dan sarannya.


PENDIDIKAN

Buka Komentar

No comments