Laporan MGMP Bahasa Inggris

Laporan MGMP Bahasa Inggris

Laporan MGMP Bahasa Inggris

KATA PENGANTAR

Segala puji dan sukur kepada Tuhan Yang Mahaesa seiring selesainya penyusunan laporan Pengembangan Diri unsur Kegiatan Kolektif Guru ini karena hanya dengan rahmat dan kekuasaan-Nyalah saya dapat mengikuti dan menyusun laporan ini.  
Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, guru adalah tenaga profesional yang memiliki fungsi penting dalam menciptakan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Sebagi konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi tersebut diperlukan sistem pembinaan dan pengembangan terhadap profesi guru secara terprogram dan berkelanjutan. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan guru yang profesional. Salah satu bentuk kegiatan dalam PKB adalah kegiatan Pengembangan Diri yang dapat diwujudkan melalui kegiatan Diklat Fungsional dan Kegiatan Kolektif Guru. Karena itulah para guru perlu mengikuti dan melaporkan kedua kegiatan ini secara berkelanjutan.
Mudah-mudahan, dengan mengikuti dan melaporkan kegiatan Pengembangan Diri ini, profesi guru dapat lebih berkembang di masa yang akan datang.


                                              Tanah Laut,................
                                              Yang melaporkan,


                                               (.................................)
                                               NIP. ...........................

PENDAHULUAN 

A. Lаtаr Belakang 
Sebagai tenaga реndіdіk profesional guru tеntunуа tidak mеrаѕа рuаѕ dеngаn реngеtаhuаn dan kеtеrаmріlаn уаng ѕudаh dіmіlіkі. Guru sebagai tenaga profesional hеndаklаh bеruѕаhа mеngеmbаngkаn реngеtаhuаn dаn kеtеrаmріlаnnуа ѕеhіnggа lауаnаn уаng dіbеrіkаn kepada реѕеrtа dіdіk аdаlаh layanan уаng semakin bеrkuаlіtаѕ. 
Tugаѕ ѕеоrаng guru yang рrоfеѕіоnаl tіdаk hanya dіtuntut untuk memiliki kіnеrjа уаng baik dаlаm melaksanakan tugas mеngаjаr, mеndіdіk, dan mеlаtіh peserta dіdіk ѕаjа, mеlаіnkаn jugа harus mеlаkukаn pengembangan kерrоfеѕіаn bеrkеlаnjutаn. 
Bеrbаgаі hаl bіѕа dіlаkukаn оlеh ѕеоrаng guru untuk dараt meningkatkan рrоfеѕіоnаlіѕmеnуа. Dаlаm Pеrmеnеg PAN dаn RB  Nо 16 tаhun 2009, ѕеоrаng guru dараt mеlаkukаn kеgіаtаn реngеmbаngаn keprofesian berkelanjutan mеlаluі tiga kоmроnеn уаіtu: 1) mеlаkѕаnаkаn реngеmbаngаn dіrі, 2) mаlаkukаn рublіkаѕі ilmiah dаn 3) mеnеmukаn dаn mеnсірtаkаn kаrуа-kаrуа іnоvаtіf. 
Kеgіаtаn pengembangan diri bіѕа dilakukan melalui duа kеgіаtаn уаіtu dіklаt fungѕіоnаl dan kеgіаtаn kolektif guru. Sеmuа kеgіаtаn уаng dilakukan оlеh guru di kelompok organisasi аtаu kelompok kеrjа ѕереrtі pada unіt kerja (ѕеkоlаh), MGPM, MGBK, KKG, K3S, MKKS termasuk kе dalam kеgіаtаn kоlеktіf guru ѕеdаngkаn kegiatan lаіn dі luаr unіt kеrjа аtаu di luаr kelompok kеrjа tеrmаѕuk kе dalam diklat fungѕіоnаl. 
Sеоrаng guru yang mеlаkѕаnаkаn реngеmbаngаn dіrі atau kegiatan pengembangan kерrоfеѕіаn bеrkеlаnjutаn lainnya dіѕаmріng akan dapat mеnііngkаtkаn pengetahuan dаn kеtеrаmріlаn ѕеbаgаі ѕеоrаng guru, jugа mendapat penghargaan аngkа kredit yang dараt diperhitungkan untuk реrkеmbаngаn kariernya 

B. Tujuаn 
Bеrdаѕаrkаn paparan dі аtаѕ, kеgіаtаn kоlеktіf guru  уаng dіlаkukаn oleh penulis bertujuan: 
  1. Mеndараtkаn реngеtаhuаn dаn kеtеrаmріlаn untuk dapat memberikan реlауаnаn уаng lеbіh baik kераdа реѕеrtа dіdіk 
  2. Mengumpulkan аngkа kredit уаng disyaratkan untuk kenaikan раngkаt/jаbаtаn guru ѕеtіngkаt lеbіh tіnggі. 

LAPORAN
PELAKSANAAN KEGIATAN KOLEKTIF GURU

Dalam kurun waktu  dari bulan  01 Januari 2018 sampai 31 Desember 2018, penulis telah mengikuti 6 (enam) kegiatan kolektif guru dengan rincian sbb: 
Kegiatan Kolektif 1 
1. Nama Kegiatan
MGMP Evaluasi Program Kerja MGMP dan Seminar Proposal PTK oleh Bapak   
       Rochmad, S.Pd
2. Pelaksanaan 
Kegiatan Kolektif Guru (paket) dilaksanakan pada tanggal 09 Januari 2018 oleh MGMP Bahasa Inggris SMP  se-Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan Kolektif Guru dilaksanakan di SMPN 2 Pelaihari, Jalan A. Syairani  pada pukul 10.00 sampai pukul 13.00 WITA
3. Tujuan Kegiatan 
Kegiatan MGMP dilaksanakan  untuk membahas tentang evaluasi Program Kerja MGMP dengan  yang baik dan benar dan menghadiri/membahas seminar PTK 
4. Materi Kegiatan
       Materi yang dibahas pada kegiatan kolektif guru 1 mencakup:
       -      Analisis/evaluasi  Program Kerja MGMP
       -      Memghadiri dan membahas tentang hasil PTK  yang diseminarkan di MGMP  
              dengan pemakalah Bapak Rochmad, S.Pd
5. Tindak Lanjut 
       Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan kolektif guru ini adalah penulis melakukan refleksi diri terhadap  analisis program kerja MGMP dan juga hasil PTK sebagai motivasi diri untuk membuat PTK sendiri.
6. Dampak
       Adapun dampak yang penulis rasakan dari kegiatan kolektif guru yang dilakukan adalah: menjadi motivasi diri untuk mencoba membuat PTK sendiri disekolah dan mengetahui evaluasi program kerja MGMP  sebagai yang akan dilaksanakan untuk tahun 
Kegiatan Kolektif 2
1. Nama Kegiatan
MGMP Pembagian tugas membuat soal ulangan umum dan Pemantapan persiapan    
       kegiatan Bedah SKL
2. Pelaksanaan 
Kegiatan Kolektif Guru (paket) dilaksanakan pada tanggal  30 Januari 2018 oleh MGMP Bahasa Inggris SMP  se-Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan Kolektif Guru dilaksanakan di SMPN 2 Pelaihari, Jalan A. Syairani  pada pukul 10.00 sampai pukul 13.00 WITA
3. Tujuan Kegiatan 
Kegiatan MGMP dilaksanakan dengan tujuan untuk memperdalam pemahaman tentang Pembuatan  Soal Ulangan Umum Semester Genap  kelas VII,VIII dan IX dan pemantapan persiapan kegiatan Bedah SKL Bahasa Inggris
4. Materi Kegiatan
       Materi yang dibahas pada kegiatan kolektif guru 2 mencakup:
- Membuat kisi kisi soal ulangan umum semester ganjil kelasVII,VIII dan IX 
- Pemantapan persiapan kegiatan Bedah SKL Bahasa Inggris
5. Tindak Lanjut 
Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan kolektif guru ini adalah penulis melakukan refleksi diri terhadap pembuatan soal-soal ulangan umum semester genap yang baik dan benar yang sangat terkait dengan tugas penulis sebagai seorang guru dalam merencanakan pembelajaran. Dan pemantapan persiapan kegiatan bedah SKL Bahasa Inggris agar bisa diterapakan disekolah masing-masing.
6. Dampak
       Adapun dampak yang penulis rasakan dari kegiatan kolektif guru yang dilakukan adalah: 
a. Penulis semakin menyadari bahwa masih dibutuhkan kerja keras dari para guru agar tumbuh menjadi guru yang profesional.
b. Dengan mengikuti kegiatan kolektif guru, penulis memahami cara membuat kisi-kisi soal ulangan semester genap kelas VII,VIII dan IX  yang baik dan benar. 
Kegiatan Kolektif 3
1. Nama Kegiatan
MGMP  tentang Workshop Pengembangan Soal Terstandar Mapel Bahasa Inggris bagi 
       guru SMP/MTs Kabupaten Tanah Laut Tahun 2018
2. Pelaksanaan 
Kegiatan Kolektif Guru (paket) dilaksanakan pada tanggal 05 – 06 Februari 2018 oleh MGMP Bahasa Inggris SMP  se-Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan Kolektif Guru dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut  pada pukul 09.00 sampai pukul 13.00 WITA.
3. Tujuan Kegiatan 
Kegiatan MGMP dilaksanakan  untuk menghadiri/membahas  tentang Pengembangan Soal Terstandar Mapel Bahasa Inggris  dengan  yang baik dan benar.
4. Materi Kegiatan
       Materi yang dibahas pada kegiatan kolektif guru 3 mencakup:
- Menghadiri dan membahas tentang Pengembangan Soal Terstandar Mapel Bahasa 
              Inggris tentang :
-  Kebijakan Dinas Pendidikan Tanah Laut terkait UN 2018
-  Refleksi hasil UN tahun 2017
-Identitas Materi Sulit berdasarkan daya serap UN 2017
- Penjabaran Kisi-kisi UN 2018
- Pengembangan Soal Terstandar
- Strategi Peningkatan Hasil UN 2018
5. Tindak Lanjut 
Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan kolektif guru ini adalah penulis melakukan refleksi diri terhadap pembuatan dan pengembangan soal terstandar Bahasa Inggris dengan benar.
6. Dampak
       Adapun dampak yang penulis rasakan dari kegiatan kolektif guru yang dilakukan adalah: menjadi motivasi diri untuk melaksanakan pengembangan soal terstandar mapel Bahasa Inggris dengan baik dan diterapkan kepada siswa disekolah masing-masing..
Kegiatan Kolektif 4
1. Nama Kegiatan
MGMP Laporan Pelaksanaan Workshop Pengembangan Soal Terstandar Mapel Bahasa Inggris dan Persiapan Workshop bersama RELO (Regional English Language Office)
2. Pelaksanaan 
Kegiatan Kolektif Guru (paket) dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2018 oleh MGMP Bahasa Inggris SMP  se-Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan Kolektif Guru dilaksanakan di SMPN 2 Pelaihari, Jalan A. Syairani pada pukul 09.00 sampai pukul 13.00 WITA.
3. Tujuan Kegiatan 
Kegiatan MGMP dilaksanakan dengan tujuan untuk membuat laporan pelaksanaan Workshop  pengembangan soal Terstandar Mapel Bahasa Inggris dan persiapan Workshop bersama RELO ( Regional English Language Office)
4. Materi Kegiatan
Materi yang dibahas pada kegiatan kolektif guru 4 mencakup:
      -  Membuat laporan Pelaksanaan Workshop Pengembangan soal Terstandar Mapel            
         Bahasa Inggris 
      -  Persiapan Workshop bersama RELO ( Regional English Language Office)
5. Tindak Lanjut 
Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan kolektif guru ini adalah penulis melakukan refleksi diri tentang terhadap pembuatan dan pengembangan soal terstandar Bahasa Inggris dengan benar.
6. Dampak 
Adapun dampak yang penulis rasakan dari kegiatan kolektif guru yang dilakukan adalah: 
a. Penulis semakin menyadari bahwa masih dibutuhkan kerja keras dari para guru agar tumbuh menjadi guru yang profesional.
b. Dengan mengikuti kegiatan kolektif guru, penulis memahami  tentang untuk     
            melaksanakan pengembangan soal terstandar mapel Bahasa Inggris dengan baik 
            dan diterapkan kepada siswa disekolah masing-masing.
Kegiatan Kolektif 5
1. Nama Kegiatan
MGMP Workshop “Teaching Tips for Teens” oleh Spenser Edward Lemaich, MA
       Kerja sama MGMP Bahasa Inggris dengan Universitas Islam Negeri (UIN) dan   
       Banjarmasin dan Regional English Language Office (RELO).
2. Pelaksanaan 
Kegiatan Kolektif Guru (paket) dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2018 oleh MGMP Bahasa Inggris SMP  se-Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan Kolektif Guru dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut  pada pukul 09.00 sampai pukul 13.00 WITA.
3. Tujuan Kegiatan 
Kegiatan MGMP dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan  Tip bagi guru untuk mengajar siswa yang umur belasan tahun.
4. Materi Kegiatan
Materi yang dibahas pada kegiatan kolektif guru 5 mencakup:
       - Teaching Tips for Teens
5. Tindak Lanjut 
Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan kolektif guru ini adalah penulis melakukan refleksi diri terhadap  cara mengajar (Tip bagi guru) yang baik dan benar yang sangat terkait dengan tugas penulis sebagai seorang guru dalam merencanakan pembelajaran untuk siswa disekolah masing-masing.
6. Dampak 
Adapun dampak yang penulis rasakan dari kegiatan kolektif guru yang dilakukan adalah: 
a. Penulis semakin menyadari bahwa masih dibutuhkan kerja keras dari para guru agar tumbuh menjadi guru yang profesional.
b. Dengan mengikuti kegiatan kolektif guru, penulis memahami  tip cara mengajar   yang baik dan benar yang bisa diterapkan disekolah masing-masing.
Kegiatan Kolektif 6
1. Nama Kegiatan
MGMP Membahas tentang Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas oleh Ibu Mutia  
       Rahmah, S,Pd dan Ibu Tirta Handayani, S,Pd
2. Pelaksanaan 
Kegiatan Kolektif Guru (paket) dilaksanakan pada tanggal 03 April 2018 oleh MGMP Bahasa Inggris SMP  se-Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan Kolektif Guru dilaksanakan di SMPN 2 Pelaihari, Jalan A.Syairani  pada pukul 10.00 sampai pukul 13.00 WITA.
3. Tujuan Kegiatan 
       Kegiatan MGMP dilaksanakan dengan tujuan untuk menghadiri/membahas seminar   
       Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Pemakalah Ibu Mutia Rahmah, S,Pd dan Ibu 
       Tirta  Handayani, S,Pd
4. Materi Kegiatan
Materi yang dibahas pada kegiatan kolektif guru 6 mencakup:
       - Seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Pemakalah Ibu Mutia Rahmah,  
            S,Pd dan Ibu Tirta  Handayani, S,Pd
5. Tindak Lanjut 
       Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan kolektif guru ini adalah penulis melakukan refleksi diri  untuk membuat PTK sendiri.
6. Dampak 
Adapun dampak yang penulis rasakan dari kegiatan kolektif guru yang dilakukan adalah: 
a. Penulis semakin menyadari bahwa masih dibutuhkan kerja keras dari para guru agar tumbuh menjadi guru yang profesional.
b. Dengan mengikuti kegiatan kolektif guru, penulis memahami  untuk mencoba membuat PTK sendiri yang baik dan benar.

PENUTUP
Demikian laporan kegiatan kolektif guru ini saya susun sebagai dokumentasi kegiatan pengembangan diri yang merupakan salah satu unsur dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang perlu diikuti oleh para guru.
BAGIAN AKHIR
Matrik ringkasan pelaksanaan kegiatan kolektif guru yang saya ikuti selama   Tahun Pelajaran 2016/2017 dari tanggal  01 Januari 2017 sampai dengan 31 Desember 2017 tampak seperti di bawah ini.

Pendidikan, 
Buka Komentar

No comments