cara buat lampion dari gelas air mineral

cara buat lampion dari gelas air mineral

cara buat lampion dari gelas air mineral



Membuat kerajinan tangan dari barang bekas adalah gampang-gampang susah. Dikatakan gampang karena kalau dilihat cara membuatnya sangat mudah dan sederhana. Bahannya pun mudah didapat dengan gratis, hanya perlu membeli perlengkapan tambahan yang harganya cukup murah. Dikatakan susah karena ketika seseorang membuat kerajinan, hasilnya belum tentu sesuai dengan apa yang diharapkan. Dengan kata lain, ketika kita melihat orang atau toturial cara membuat sesuatu kerajinan terlihat sangat mudah dan hasilnya mengagumkan, tetapi ketika kita sendiri yang membuatnya belum tentu hasilnya sama, hasilnya biasa saja atau cenderung mengecewakan. he2….

Karena semuanya tergantung kepada skill masing-masing, orang yang berjiwa seni biasanya lebih dominan dalam hal kerajinan tangan, apapun yang mereka buat hasilnya akan terlihat indah. Tapi jangan berkecil hati, walaupun bakat adalah bawaan lahir, namun keahlian bisa di dapat dengan cara berlatih dengan tekun. Kuncinya sabar, ulet, tekun, tidak mudah menyerah, maka nantinya kita akan menguasai bidang yang kita tekuni.

Oke, sekarang kita langsung saja pada toturial cara membuat lampion dari gelas air mineral. Adapun peralatan dan bahan yang perlu kita siapkan adalah:
  1. Gelas bekas air mineral. Sangat dianjurkan menggunakan gelas plastik transparan. Tapi kalau agan mau yang berwarna itu terserah aja. Yang penting bisa tembus cahaya lampu nantinya. Dan usahakan dengan merk atau bentuk yang sejenis, supaya memudahkan merangkainya dan hasilnya terlihat rapi.
  2. Kawat ukuran paling kecil, bisa dicari ditoko bangunan. Fungsinya untuk mengikat gelas-gelas air mineral sehingga bisa dirangkai.
  3. Kunci Tank. Digunakan untuk mengencangkan kawat, sehingga ikatan kawat menjadi kuat. Bisa didapat ditoko bangunan. Asal jangan mengutil di bengkel langganan ya…..he2.
  4. Obat nyamuk bakar, fungsinya untuk melobangi gelas air mineral. Bisa juga menggunakan solder elektronik.
  5. Lampu, fitting dan kabel secukupnya.


Kalau semua sudah disiapkan, berikut langkah-langkahnya:
  1. Siapkan gelas mineral, bersihkan tutup depannya sampai tidak dikenali lagi merknya, makin bersih makin bagus.
  2. Lobangi gelas air mineral menggunakan obat nyamuk bakar atau solder pada bagian samping dan bawah. Bagian samping buat lobang kecil hanya untuk memasukkan kawat, bagian bawah buat lobang agak besar karena fungsinya agar tidak mengandung air ketika dipasang. Tapi hanya gelas yang nantinya disusun dibagian atas yang diberi lobang.
  3. Rakit semua gelas air mineral, sehingga membentuk bola.

Selasai, silahkan lihat videonya. Tapi itu belum dipasang lampu hiasan.

Serba-serbi, 
Buka Komentar

No comments