A Rafiq

A Rafiq

A Rafiq

A. Rafiq adalah penyanyi dangdut yang  mempunyai ciri khas cengkok Melayu India, suaranya merdu melengking pada nada tinggi, dan serak merdu pada nada rendah. Dia adalah artis yang konsisten dari segi gaya berpakaian, dari awal hingga akhir karirnya dia selalu menggunakan  celana dengan gaya cutbray. 
A. Rafiq lahir di Semarang, Jawa Tengah pada 5 Maret 1948. Pria berdarah India Pakistan ini aktif dalam industri musik indonesia sejak tahun 1970 an. Single pertamanya adalah lagu yang cukup terkenal yaitu “Pandangan Pertama”  yang dirilis pada tahun 1978. Lagu Pandangan Pertama ini di nyanyikan lagi oleh Chrisye pada tahun 2002 dan juga dibawakan oleh Slank pada tahun 2007.
Selain bernyanyi A. rafiq juga seorang aktor, ada beberapa film yang sudah dia bintangi seperti , Pandangan Pertama, Milikku, Dari Mata turun ke Hati dan Karena Dia. A. Rafiq juga pernah mencoba profesi sebagai seorang sutradara senetron yang berjudul “Simiskin Bercinta”  dalam film itu dia melibatkan beberapa artis dan penyanyi dangdut lseperti Jaja Miharja, Masyur S, Ira Swara dan yang lainnya. 
A. Rafiq memiliki seorang isteri yang bernama Akhtarunnisa yang dia nikahi pada tahun 1975 dan dikaruniai 5 orang anak yakni Faresh Al Faouz, Fadila A. Rafiq, Fairuz A. Rafiq dan Faraby El Fouz.
A. Rafiq Meninggal dunia  diusia 55 tahun pada tanggal 19 Januari 2013 akibat penyakit Kencing Manis dan Jantung.
A. Rafiq adalah penyanyi dangdut kesukaan saya, saking fans hampir dari semua lagu-lagu beliau saya tahu. Lagu-lagu beliau banyak yang saya sukai adalah lagu-lagu yang di rilis awal tahun 70-an hingga akhir 80-an. Mungkin karena pada waktu itu musiknya masih sederhana dan asli dan suara beliau sangat merdu pada saat itu. Untuk lagu-lagu yang rilis pada awal 90-an hingga 2000-an juga banyak lagu-lagu beliau yang bagus, namun aransemen musiknya sudah agak berbeda, apakah karena beda group pemusik atau memang pengaruh penggunaan alat musik modern. Sehingga bagi saya pribadi, terasa kurang syahdu kalau dibanding lagu-lagu beliau pada awal-awal beliau menyanyi.
Demikian sedikit Pengetahuan saya tentang sang Moestro Dangdut Indonesia, A. Rafiq.
Serba-serbi, 
Buka Komentar

No comments