3 aplikasi yang menjadikan HP android anda serasa laptop

3 aplikasi yang menjadikan HP android anda serasa laptop

3 aplikasi yang menjadikan HP android anda serasa laptop


Di era digital seperti sekarang ini, Laptop dan Gadget adalah hal yang sangat kita perlukan. Terlebih bagi pekerja kantoran,perusahaan, dosen, guru, mahasiswa maupun pelajar. Semua memerlukan laptop untuk menunjang pekerjaan dan keperluan masing-masing. Karena tuntutan pekerjaan ini, tentunya kita perlu perangkat mobile yang mudah dibawa, ringan, dan kompak. Kecuali anda tipe orang yang suka membawa laptop kemana-mana, selalu membawa tas punggung layaknya mahasiswa. Untuk mensiasati hal tersebut, kita bisa menjadikan hp kita seperti laptop mini, walaupun fiturnya tidak sama dengan laptop namun setidaknya dapat kita gunakan untuk menunjang pekerjaan kita.

Semua bermula dari pengalaman pribadi saya. Saya mengajar disalah satu Sekolah Menengah Pertama, waktu itu baru selesai Ulangan Umum, nilai sudah saya ketik perkelas dan juga legernya. Semua sudah beres dilaptop saya. Karena dihari sabtu saya ada acara keluarga, nilai ulangan saya bagikan lebih dulu ke wali kelas masing-masing dan izin tidak mengikuti rapat. Dihari sabtu ketika saya bersama keluarga, ada telpon dari teman kantor bahwa harus mengumpul leger ke Kepala Sekolah. Baru ingat bahwa leger belum saya cetak dan belum dikumpul. Mau pulang sangat jauh. Untung saya sudah instal aplikasi OneDrive di laptop dan juga di HP android saya. Jadi saya bisa akses file ketikan yang ada dalam laptop saya dirumah, sehingga saya bisa mengirimkannya ke teman kantor lewat WA. Dengan bantuan teman dikantor beres deh….leger saya dia cetakkan.

Itu adalah salah satu alasan pentingnya menjadikan HP android laksana laptop. Adapun perangkat yang diperlukan adalah sebagai barikut :
  • HP dengan sistem operasi Android. Makin tinggi spesifikasi dan versi androidnya makin bagus.
  • USB OTG. Sebelumnya anda harus yakin bahwa gadget anda sudah mendukung OTG dan yakinkan anda tidak salah membeli jenisnya apakah tipe B maupun tipe C. Dan juga sebagian merk Gadget memiliki OTG khusus untuk merknya.
  • Keyboard portable baik USB maupun Bluetooth. Ini untuk memudahkan untuk mengedit dokument. Tapi ini pilihan, kalau agan terbiasa mengetik dilayar sentuh tidak masalah.
Baca Juga : mobile banking bank kalsel dengan hp dua kartu


Berikut 3 aplikasi yang akan membuat HP android anda serasa laptop :
  1. Aplikasi Office Word. Applikasi Office banyak ditawarkan di Play Store dari yang gratisan hingga yang berbayar. Tapi sebagian merk HP sudah menyediakan aplikasi Ini. Fungsi utama untuk memudahkan kita untuk melihat dan mengedit dokumen.
  2. Aplikasi OneDrive. Aplikasi ini harus di install di laptop dan juga di HP android anda. Untuk android bisa dicari di Play Store dan untuk Windows lansung googling aja OneDrive untuk Windows. Aplikasi ini sangat memudahkan kita dalam mengerjakan tugas dan manager data. Karena ketika kita mengetik tugas dirumah, besok kita bisa mengeditnya lagi di HP. Tinggal akses OneDrive kemudian edit lewat aplikasi Office di HP. Dan sebaliknya apa yang kita ketik atau download dari internet lewat HP, nantinya bisa kita edit di Laptop tanpa ribet memindah lewat Flashdisk, asalkan kita simpan di Folder OneDrive dan tiap kali akses kita harus terhubung dengan akses internet. Jadi ketika kita bawa HP terasa sudah membawa sebagian Laptop dengan semua data yang tersimpan tanpa harus membawa flashdisk kemana-mana. Simpel kan....karena HP jarang sekali ketingalan.
  3. Aplikasi Printer 2 Go. Dengan tambahan USB OTG, aplikasi ini dapat menghubungkan hp dengan printer biasa maupun printer buetooth, sehingga kita bisa mencetak dokumen. Misal kita males bawa laptop ke kantor, tinggal bawa HP sama OTG nya, seandainya nanti di kantor ada data yang perlu di cetak, tinggal colok aja ke printer kantor. Dengan catatan semua dokumen yang diperlukan sudah beres di laptop anda dirumah. Anda juga bisa membawa keybord portable yang bisa dikantongi kalau ada keperluan mengetik yang mendesak.
Adapun file yang bisa diakses tidak terbatas hanya untuk dokumen office saja, semua file seperti mp3, video, gambar maupun aplikasi lainnnya bisa kita akses bersama baik di HP mapun di Laptop dengan bantuan Aplikasi OneDrive. Demikian sedikit tips membuat HP android anda laksana laptop.  Semoga bermanfaat.

Teknology dan Gadget, 

Buka Komentar

No comments