cara menghafal kosa kata bahasa inggris dengan mudah

cara menghafal kosa kata bahasa inggris dengan mudah

cara menghafal kosa kata bahasa inggris dengan mudah

Assalamu 'álaikum Warahmatullahi Wabarkatuh,
Disini saya akan berbagi pengalaman bagaimana menghafal dan mengingat kosakata bahasa Inggris dengan mudah.
Menghafal kosa kata atau vocabulay adalah hal yang sulit bagi kebanyakan orang, tapi itu semua tergantung niat dan i'tikat kita. Dan juga, minat kita terhadap bahasa inggris itu sendiri. sehingga timbul rasa senang untuk mempelajari bahasa inggris. Kalau kita sudah mempunyai minat dan rasa senang dalam belajar bahasa inggris, maka akan mudah untuk mengafal kosakata bahasa inggris.
Tapi,.......
Masalah utamanya adalah ketika kosa kata sudah kita hafal, beberapa hari atau beberapa minggu kemudian, kosa kata itu hilang diingatan. Kalau sudah demikian semuanya akan jadi sia-sia.
Untuk itu saya akan berbagi tips bagaimana cara menghafal dan mengingat kosa kata bahasa inggris.
  1. Timbulkan minat dan rasa senang terhadap bahasa inggris. Untuk menimbulkan minat, kita harus memahami hoby kita. Kalau hoby kita membaca komik, maka cari komik berbahasa inggris. Hoby tentang elektronik cari artikel yang berbahasa inggris. Bisa juga dengan film berbahasa inggris. Intinya apapun hobi kita, cari artikelnya dalam bahasa inggris.
  2. Menghafal kosa kata (Vocabulary). Setelah kita mendapatkan artikel yang kita sukai, hafalkan kosakata dalam artikel yang dibaca tadi. mengenai jumlahnya tergantung kemampuan kita. Dan seharusnya kita punya target dalam menghafal dalam sehari. Misal 10 kata perhari. Untuk pemula usahakan menghafal kosakata yang sering muncul dalam teks. Kalau kosakata yang sering muncul sudah dihafal semua, baru menghafal kosakata yang sulit atau jarang muncul.
  3. Buat daftar kosakata yang mau dihafal. Daftar kosakata hanya untuk memudahkan kita menghafal. Bisa dengan menggunakan kertas kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Sehingga kapanpun kita bisa melihat hafalan kita. 
  4. Beri Label Bahasa Inggris semua barang dirumah. Dengan memberi label Bahasa Inggris pada tiap barang dirumah juga salah satu trik untuk memudahkan mengingat kosakata. Caranya bisa dengan menggunakan kertas kecil bertuliskan bahasa inggris ditempel dengan isolasi transfaran. Atau dengan menuliskan langsung pada barangnya menggunakan marker(Spidol), tapi ini akan menjadi tulisan permanen. Contohnya, sapu bisa kita tempel dengan tulisan, broom. kipas angin = electrik fan, bangku = bench. Dan berbagai macam barang yang kita tidak tahu bahasa inggrisnya.
  5. Menghubungkan arti kosakata dengan barang realitanya. Ini juga salah satu trik agar kita mudah menghafal dan mengingat kosakata, karena ada beberapa nama barang sudah menggunakan bahasa inggris. Hanya saja kita tidak menyadarinya. contohnya: (a)  pick up, artinya mengambil, menjemput,membawa, dan sebagainya. Itu adalah arti dalam kamus. Tapi kalau kita langsung menghubungkan dengan barang realitanya, yaitu mobil Pick Up yang sering disebut orang Pikep. Maka pikiran kita langsung kepada alat transportasi untuk mengangkut. Sehingga tanpa berpikir lagi kita sudah tahu bahwa pick up, artinya mengambil, menjemput,membawa atau mengangkut. (b) Spion, adalah cermin kendaraan. Kenapa dikatakan spion, karena berasal dari Spy yang artinya mengawasi, mengintai. Jadi ketika ketemu kata Spy kita langsung teringat dengan spion yang fungsinya mengawasi ata mengintai. (c)  absent, artinya tidak hadir. Didalam kelas absen sudah sering kita dengar, yaitu sebuah buku yang di pegang guru untuk mencatat kehadiran siswa. Tapi sebagian orang tidak tahu bahwa itu berasal dari kata bahasa inggris. Jadi kalau kita menghubungkan langsung kata Absent kita langsung ingat bahwa artinya tidak hadir. Dan masih banyak barang yang bisa kita kaitkan langsung untuk memudahkan menghafal kosakata bahasa inggris.
  6. Selalu gunakan kosakata yang sudah dihafal. Ini adalah kunci terakhir agar kosakata kita tidak mudah hilang di ingatan. Dan tentunya gunakan dalam pelajaran Bahasa Inggris disamping membaca artikel lainnya yang berbahasa Inggris.
Demikian sedikit Tips agar mudah menghafal dan mengingat kosakata Bahasa Inggris. Dan ini murni dari pengalaman pribadi penulis, tidak berdasarkan teori dari para ahlinya.

Pendidikan, 
Buka Komentar

No comments