modus penipuan baru belanja di bukalapak 2

modus penipuan baru belanja di bukalapak 2

modus penipuan baru belanja di bukalapak 2



Halo agan, yang hobi belanja online. Kembali lagi saya akan berbagi pengalaman hampir tertipu ketika belanja lewat Bukalapak. Setelah kemaren saya membahas tentang perlu berhati-hati ketika barang dikirim terpisah. Sekarang saya hampir tertipu ketika transaksi di bukalapak dengan menggunakan metode pembayaran buka dompet.

Awalnya dari keinginan untuk membeli hp seken, umumnya lapak yang punya i’tikat tidak baik biasanya, kalau menjual barang baru, harganya agak dibawah pasaran dan kalau menjual barang seken, deskripsi barangnya sangat bagus dan hampir seperti baru, tapi harga lebih murah dari standar seken. Karena seyogyanya kalau barang seperti baru, harganya agak mahal bahkan hampir seperti harga baru.

Gambaran sederhananya, kalau misalkan hp baru harga 2 juta, dan standar sekennya 1.5 juta. Dan ketika dicek memang ternyata sekennya berkisar antara 1,2 sampai dengan 1,6 juta, berarti itu wajar. Namun ketika dia menjelaskan barang sangat bening 99 % seperti baru dan gambarnya juga mendukung, namun harga 1,2 sampai dengan 1,6 juta, itu perlu dicurigai, karena biasanya harganya bisa 1,7 juta. Tapi tidak menutup kemungkinan itu adalah benar karena faktor lain.  Tapi disini saya berbicara biasanya, berdasarkan pengalaman.

Kembali lagi kepermasalahan tadi, saya tertarik dengan salah satu hape seken dengan harga cuma 2,5 juta, padahal kisaran harga sekennya adalah antara 3 -3,5 juta. Paling mentok ada 2.9 itu pun mungkin ada kekurangan. Penjual mudah dichat, minta photo dikirim photo yang bening. Singkat cerita, deal, saya clik beli, karena saya punya dana di buka dompet saya bayar 2 juta lewat buka dompet, 500 ribu nya saya transfer lewat ATM.

Setelah beberapa menit kemudian, ada telpon yang mengatas namakan customer service Bukalapak, yang menyatakan transaksi anda melalui buka dompet gagal, karena ada gangguan sistem. Saya lihat akun bukalapak ternyata pembelian saya ditolak penjual, dan penjualnya juga chat saya bahwa pembayaran saya lewat buka dompet ditidak dapat diproses karena ada gangguan. Dia meminta transfer ulang hanya lewat ATM saja dengan memberikan nominal dan nomor pembelian yang berbeda. Kemudian dia menelpon lagi selaku customer service dengan gayanya yang meyakinkan, dan sedikit mendesak bahwa pembelian tidak akan diproses kalau tidak segera transfer ulang.

Hampir saja saya transfer ulang karena merasa di telpon costomer service dan juga pemberihuan langsung dari penjual. Tapi untungnya saya berpikir ulang untuk menunggu proses pengembalian selesai dulu, baru beli hape yang lain lagi. Dan benar saja, akhirnya ada telpon dari customer service bukalapak yang sebenarnya, yang memberitahukan bahwa saya berinteraksi dengan akun yang dicurgai ada indikasi tidak benar, dan menjelaskan untuk tidak mentransfer di luar sistem bukapalak. Dan benar saja, saya hampir kena. Memang dana yang dia tolak akan masuk kembali ke buka dompet, tapi dana yang kita transfer ulang tidak ketahuan lagi kemana rimbanya. Karena kita tidak bisa melacak nomor transaksi yang dimaksud.

Intinya, kalau kita dalam situasi seperti itu, tenang dulu pikirkan dengan benar. Karena mereka akan memanfaatkan keteledoran kita karena tergesa-gesa ingin bertransaksi pada barang bagus harga murah. Demikian pengalaman saya,,,,semoga bermanfaat.

Baca juga: modus penipuan baru belanja di bukalapak bag. 1
Serba-serbi, 

Buka Komentar

No comments