Merawat Cartridge Printer Canon IP2770

Merawat Cartridge Printer Canon IP2770

Merawat Cartridge Printer Canon IP2770


Komponen utama printer yang sering bermasalah adalah cartridge. Cartridge yang sering rewel memang menjengkelkan, mengganggu pekerjaan dan menyita waktu kita. Adapun permasalahan yang sering muncul diantaranya, tinta yang tidak mau keluar, hasil cetakan bergaris, atau yang lebih parah printer tidak mau mencetak.

Untuk meminimalisir gangguan pada cartridge, ada beberapa trik yang bisa kita lakukan:

1. Selalu bersihkan printer

Usahakan selalu membersihkan printer dari debu baik bagian luar dan juga bagian dalam.

Debu yang banyak, apalagi bagian dalam tentu tidak baik bagi cartridge. Mata cartridge akan terkena kotoran debu dan roller nya juga akan kotor. itu akan mengotori kertas hasil cetakan.

2. Jangan biarkan printer tidak digunakan dalam waktu lama.
Kalau tidak ada keperluan mencetak dalam beberapa bulan, jangan biarkan printer tidak digunakan. Usahakan dalam sebulan mencetak dukumen walaupun 1 lembar. Hal itu agar mata cartridge tidak mengering, karena kualitas tinta refill (isi ulang) sekarang rata-rata tidak sebagus kualitas tinta asli bawaan cartridge.
Baca Juga : 3 Aplikasi yang menjadikan HP android serasa laptop
3. Selalu jaga volume tinta dalam cartridge
Kalau printer kita tidak terpasang infus, maka sangat disarankan untuk menjaga volume tinta dalam catridge. Tinta dalam cartridge jangan sampai kering atau kosong dalam waktu yang lama, disamping itu jangan terlalu penuh waktu mengisinya. Kalau terlalu lama kosong maka spons dalam cartridge akan mengering dan mengurangi daya serap spons ketika di isi ulang. Sebaliknya kalau terlalu penuh ketika mengisinya, tinta akan keluar terus menerus lewat mata cartridge. Itu Mengakibatkan banjirnya tinta dalam printer dan juga merusak mata cartridge. Sisa-sisa tinta akan menempel pada mata cartridge yang lama-kelamaan akan mengering. Itulah yang menyumbat mata cartridge, sehingga tinta tidak keluar dengan lancar.

4. Perbesar lubang pengisian tinta
Ini juga salah satu trik untuk memperpanjang umur cartridge.Memperbesar lubang cartridge bertujuan agar :
- Agar tidak ada kevacuman dalam cartridge.
- Mencegah angin terjebak dalam tabung cartridge.
- Mudah mengontrol isi tinta, sehingga waktu mengisi tidak terlalu penuh

Baca Juga : Cara membersihkan AC ruangan

Itulah sedikit trik untuk merawat cartridge, sehingga umur cartridge bisa lebih panjang.
Komputer


Komputer dan Internet
Buka Komentar

No comments