kelebihan dan kekurangan blackberry keyone menurut saya

kelebihan dan kekurangan blackberry keyone menurut saya

kelebihan dan kekurangan blackberry keyone menurut saya

Assalamu ‘álaikum warahmatullahi wabarkatuh.

Halo….guys.
Kembali lagi dengan pembahasan Blackberry Keyone. Kemaren saya sudah membahas pengalaman pribadi saya menggunakan Blackberry Keyone Black Edition. Blackberry Keyone Black Edition adalah hape blackberry bersistem operasi android yang memakai keyboard virtual dan keyboard fisik. Dengan sistem operasi android Nougat 7.1.1, processor Snapdragon 625, layar 4.5 inch, RAM 4 gb, memori internal 64 gb serta memakai dual simcard. Terasa sempurna bagi saya, karena apa yang saya harapkan dari sebuah handphone 90 % sudah terpenuhi oleh blackberry Keyone ini.

Langsung saja guys tidak panjang lebar…..saya akan mengupas tuntas tentang kelebihan dan kekurangan blackberry Keyone.

Kelebihan 

  • Desain sangat elegan (relatif)
  • Rangka metal terasa kuat dan kokoh.
  • Sudah menggunakan Gorilla Glass 4, Sehingga tidak kawatir kalau sekedar usap mengusap layar…he2
  • Baterai sangat kuat. Dengan kapasitas 3500 Mah sebenarnya tidak terlalu beda dengan flagship lainnya. Bahkan ada Samsung s7 active yang memiliki baterai 4000 Mah masih kalah jika dibanding Blackberry Keyone. Dalam pemakaian hari-hari yang standar bisa blackberry Keyone saya bisa bertahan 2 hari. Tapi kalau pemakaian agak intensif maka hanya bertahan 1 hari. Mungkin karena Keyone hanya mempunyai bentang layar 4.5 inch, sedang yang lain minimal menggunakan 5 inc dan kebanyakan lebih dari 5 inc. Disamping itu penggunaan processor rendah tapi optimal, yaitu snapdragon 625 juga berpengaruh pada komsumsi daya. Keputusan Keyone menggunakan Snapdragon 625 memang mendapat kritikan dari pengamat gadget. Karena dengan harga awal rilis 7 jutaan, hanya mendapatkan gadget dengan processor Snapdragon 625. Kalau merk lain sudah bisa memboyong gadget high end dengan processor yang lebih tinggi.
  • Sidik jari yang cukup responsip. Hanya memerlukan waktu satu detik untuk membuka sidik jari, dibanding s7, s7 active, iphone 5s dan note 7 masih terasa delay/lambat dalam membaca sidik jari. Bahkan kadang tidak cukup satu kali untuk menempelkan jari kita. Dan yang paling unik sensor sidik jarinya berada ditombol spasi disertai adanya kedipan cahaya dispasi yang menandakan sensor sudah siap. Cahaya kedipan bisa kita atur kecerahannya.
  • Adanya keyboard fisik. Kalau ini sih relatif, ada yang suka ada yang tidak. Tapi bagi saya ini adalah nilai plus bagi saya yang sering salah ketik / typo. Sebenarnya blackberry Keyone masih memberikan opsi keyboard virtual, tapi kalau kita mengaktifkannya tentu layar makin sempit.
  • Aplikasi Blackberry DTEK. Aplikasi ini hanya ada di blackberry. Ini adalah aplikasi pengaman dimana dia akan memberi tahu kita kalau ada peretas yang mengakses kontak, sms, kamera, file, dan sebagainya. Tinggal kita setting sesuai keperluan kita.
  • Capture/ tangkapan kamera yang cepat standar flagship lainnya. Sudah disempurnakan dari blackberry Priv.

Kekurangan
  • Layar kecil 4.5 inch dan masih menggunakan IPS panel. Padahal pada blackberry Priv sudah menggunakan jenis AMOLED.
  • Processor Snapdragon 625 yang jarang digunakan oleh flagship lainnya. Processor Snapdragon 625 sudah banyak di gunakan oleh perangkat mid-end
  • Kecepatan standar tapi masih optimal.
  • Suara musik yang dihasilkan sangat standar baik lewat headset atau loudpeaker. Jadi jangan mengharap dentuman musik yang mengagumkan.

Demikian kelebihan dan kekurangan blackberry Keyone menurut saya.


Baca juga : Pengalaman memakai Blackberry Keyone


Teknology dan Gadget
Buka Komentar

No comments